paket wisata belitung

WhatsApp Multi-device Sudah Bisa Dijajal, Begini Caranya

WhatsApp Multi-device Sudah Bisa Dijajal, Begini Caranya

whatsapp

Foto: dok. Rawpixel

Jakarta - Fitur baru WhatsApp multi-device akhirnya dirilis dan sudah bisa dijajal oleh para penggunanya. Bagaimana caranya?
Fitur WhatsApp multi-device ini membuat pengguna tak perlu menghubungkan ponselnya ke internet untuk bisa menggunakan WhatsApp web di PC atau laptop. Sebelumnya, WhatsApp web hanya bisa berfungsi jika ponsel penggunanya terus terhubung ke internet.

Nah, kini WhatsApp menghapus persyaratan tersebut dan mengembangkan alur data baru untuk platform pengiriman pesan tersebut. Will Cathcart, bos WhatsApp menjelaskan alur data ini lewat kicauannya di Twitter.

Menurut Cathcart, meski ponsel tak perlu diaktifkan dan terhubung ke internet, alur data WhatsApp web ini tetap terlindungi sistem end to end encryption yang selalu dibanggakan oleh WhatsApp.

"Kini anda bisa menggunakan pengalaman desktop atau web meski ponselnya tidak aktif dan terhubung ke internet. Semua dilindungi dengan enkripsi end-to-end," tulis Cathcart.

Ia pun menjelaskan fitur ini sudah mereka garap sejak lama. Sebelumnya, fitur desktop dan web berfungsi dengan melakukan mirroring dari ponsel, yang artinya ponsel harus selalu menyala dan terhubung ke internet.

Syarat inilah yang membuat pesan WhatsApp di desktop ataupun web sering terhambat atau telat masuk, yang biasanya disebabkan koneksi internet di ponsel terganggu atau ponsel masuk ke dalam mode hemat daya.

Penjelasan itu diperjelas lewat gambar yang membandingkan alur data di sistem baru dan lama. Terlihat kalau sebelumnya ponsel adalah faktor kunci yang punya kemampuan mengenkripsi dan mendeskripsi pesan yang dikirim dan diterima.

whatsapp multi device

WhatsApp Multi Device Foto: Dok. WhatsApp

Sinkronisasi terenkripsi ini juga berlaku untuk histori pesan, nama kontak, dan data lainnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (15/7/2021).

Sayangnya, pengguna baru bisa menikmati fitur ini jika mereka sudah terdaftar menjadi penguji beta. Tim WhatsApp pun disebut Cathcart akan terus meningkatkan performa fitur ini dan terus menambah fitur baru.

 

 

sumber: Anggoro Suryo Jati - detikInet

 


#whatsapp #multidevice #tipswhatsapp #facebook

Facebook | Twitter | WhatsApp | Cetak