Sejarah Komputer Perkembangan Dari Masa ke Masa

Sejarah Komputer Perkembangan Dari Masa ke Masa

Sejarah Komputer – Kehadiran perangkat komputer tentu sangat berguna untuk membantu kehidupan manusia di era dewasa ini. Tahukah Anda bahwa sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi memakan waktu cukup panjang? Yuk kita simak bagaimana perkembangan komputer mulai dari cikal bakal munculnya komputer, sampai ke komputer yang saat ini secara tidak sadar telah dibawa ke mana-mana dalam bentuk smartphone.

 
 1. Cikal Bakal Komputer di Jaman Kuno Abad Pertengahan

Ishago Bond

Perangkat telah digunakan untuk membantu komputasi selama ribuan tahun, sebagian besar menggunakan korespondensi satu-ke-satu dengan jari. Perangkat penghitungan paling awal mungkin adalah bentuk penghitungan tongkat. Kemudian alat bantu penyimpanan catatan di seluruh Bulan Sabit Subur mencakup kalkulus (bola tanah liat, kerucut, dll.) Yang mewakili jumlah barang, mungkin ternak atau biji-bijian, yang disegel dalam wadah tanah liat kosong yang tidak dibungkus.

sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi

Ishago Bond – Dianggap alat bantu hitung pertama di jaman paleolitik

Penggunaan batang penghitung adalah salah satu contohnya. Sempoa ini awalnya digunakan untuk tugas-tugas aritmatika. Apa yang sekarang kita sebut sempoa Romawi digunakan di Babilonia di antara tahun 2700–2300 Sebelum masehi. Sejak itu, banyak bentuk lain dari papan atau tabel perhitungan telah ditemukan. Di rumah hitung Eropa abad pertengahan, kain kotak-kotak akan ditempatkan di atas meja, dan spidol bergerak di atasnya sesuai dengan aturan tertentu, sebagai bantuan untuk menghitung jumlah uang.

2. Mesin Hitung zaman Renaissance

1. Napier’s Bone

sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi

Napier’s bone

Matematikawan dan ahli fisika Skotlandia John Napier menemukan bahwa penggandaan dan pembagian angka dapat dilakukan dengan cara penambahan dan pengurangan. Saat memproduksi tabel logaritmik pertama, Napier perlu melakukan banyak perkalian yang membosankan. Pada titik inilah ia mendesain Napier’s Bone. Yaitu sebuah alat mirip sempoa yang mampu menyederhanakan perhitungan yang melibatkan banyak perkalian dan pembagian.

2. Sliderules (Penggaris geser)

Sejarah komputer dari masa ke masa

Sliderules ciptaan Edmund Gunter

Karena bilangan real dapat direpresentasikan sebagai jarak atau interval pada suatu garis, slide rules (Penggaris geser) diciptakan pada tahun 1620-an, tak lama setelah pekerjaan Napier, untuk memungkinkan operasi penggandaan dan pembagian dilakukan secara signifikan lebih cepat daripada yang sebelumnya dimungkinkan. Edmund Gunter membangun perangkat penghitung dengan skala logaritmik tunggal di Universitas Oxford. Perangkatnya sangat menyederhanakan perhitungan aritmatika, termasuk perkalian dan pembagian.

3. Kalkulator Pascal

sejarah komputer

Kalkulator pascal atau Pascalines

Pada tahun 1642, ketika masih remaja, Blaise Pascal memulai merintis membuat kalkulator mekanik. Setelah tiga tahun berusaha, akhirnya berhasil menciptakan 50 prototipe mesin hitung mekanik pertama di dunia. Dia menamakan mesin ini dengan Nama Kalkulator pascal atau Pascalines.

3. Generasi Komputer Elektronik

1. Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959) Tabung Vakum

sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa.

komputer Generasi Pertama yang menggunakan Tabung Vakum

Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 silam yang menggunakan media tabung vakum sebagai komponen dasarnya. Tabung vakum sendiri merupakan sebuah material yang sangat cepat menghantarkan panas sehingga ini dinilai kurang efektif jika digunakan pada masa sekarang. Selain menghasilkan panas yang berlebih, komputer ini juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat mengoperasikannya.

Yang lebih mengejutkannya lagi adalah berat komputer generasi pertama ini ternyata mencapai hingga 30 ton dan bahkan menggunakan 18 ribu tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi per tabungnya. Komputer pertama ini bernama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer yang diciptakan oleh Mauchly dan Echert.

Tidak menggunakan bahasa komputer sepopuler seperti sekarang, ENIAC sendiri pada waktu ini menggunakan bahasa mesin, merupakan bahasa pemrograman paling dasar yang dapat dipahami oleh komputer. Dan karena keterbatasan kemampuan, akhirnya membuat komputer ini tidak dapat memecahkan masalah dalam satu waktu sekaligus. Meskipun terbilang sangat terbatas, namun pembuatan komputer generasi pertama tersebut menghabiskan biaya sekitar satu juta dollar.

2. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965) Transistor

sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa.

Komputer Generasi ke-2, menggunakan Transistor sebagai komponen utamanya

Komputer generasi kedua tidak lagi menggunakan tabung vakum sebagai medianya, melainkan teknologi transistor digadang-gadang adalah cikal bakal dari terciptanya komputer ini. Berbeda dengan tabung vakum yang berukuran besar, transistor sendiri memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil serta tidak menghasilkan panas berlebihan. Dengan menggunakan transistor, otomatis perangkat komputer yang diciptakan bisa berbentuk lebih kecil dibanding sebelumnya.

Komputer generasi kedua tidak mewarisi komponen-komponen komputer terdahulunya. Sebab, bahasa mesin yang dulu digunakan di komputer pertama ternyata juga diganti menjadi bahasa assembly atau kata lainnya adalah bahasa simbolik. Dan hal itu tentu utamanya lebih memudahkan, karena pengguna dan programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata.

Setelah dirilisnya komputer generasi kedua, bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang dikembangkan pada saat itu; seperti halnya Common Business-Oriented Language (CBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Perubahan bahasa pemrograman tersebut ternyata memberikan dampak yang efektif untuk komputer sekaligus memberikan manfaat komputasi yang lebih cepat dan akurat.

3. Komputer Generasi Ketiga (1965-1971) Sirkuit Terintegrasi

sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa.

Kompuet Generasi ke-3 yang menggunakan IC (Integrated Circuits)

Komputer generasi ketiga ini sudah tidak lagi menggunakan transistor apalagi tabung vakum, melainkan telah beralih menggunakan teknologi Integrated Circuit (ICs). Meskipun demikian, komponen transistor tidak serta merta ditinggalkan begitu saja tapi masih dipakai untuk membantu kinerja komputer generasi ketiga ini. Dan yang pasti, transistornya sendiri tidak lagi berukuran besar, namun sudah diminiaturkan dan diletakan pada IC. Satu buah IC itu terdiri dari beberapa transistor, resistor, dan kapasitor.

Teknologi IC yang dipakai pada komputer generasi ketiga dinilai lebih memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan sekaligus efisiensi dari sebuah komputer. Komputer pada generasi ini terlihat jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer pada generasi-generasi sebelumnya. Sekaligus temuan ini menjadi komputer pertama yang menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi. Perlu diketahui bahwa komputer-komputer generasi sebelumnya tidak menggunakan keyboard sebagai sarana penginputannya, melainkan menggunakan kartu berlubang dan pita kertas, yang artinya teknologi pada saat itu tentu jauh tertinggal jika dibandingkan pada saat terciptanya komputer generasi ketiga.

Selain ukurannya yang lebih kecil, komputer ini juga dihargai relatif murah dan masih dapat dijangkau oleh masyarakat pada umumnya.

4. Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang) Microprosesor

sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa.

Komputer Generasi ke-4 yang sudah menggunakan Microprocessor

Yang terlahir pada generasi keempat adalah komputer berjenis microprosesor yang bahkan masih digunakan hingga sekarang dan yang masih kita lihat pada umumnya. Microprosesor sendiri menggabungkan beberapa komponen menjadi satu dalam chip yang kecil. Chip tersebut terdiri dari ribuan transistor dan elemen sirkuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu. Artinya secara otomatis hal itu juga membuat sebuah komputer berukuran lebih kecil.

Perkembangan komputer generasi keempat ini dibuat dan dicetuskan oleh Intel, salah satu perusahaan teknologi yang menciptakan chip Intel 4004 yang kemudian menjadi cikal bakal komponen inti dari perangkat komputer. Sedangkan yang menciptakan komputer modern untuk pertama kali adalah dari perusahaan IBM yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan. Lalu menyusul Apple dengan komputer Macinthos-nya pada tahun 1984.

Perkembangan teknologi komputer yang dirasa sangat cepat itu secara tidak langsung melahirkan ide untuk menciptakan sebuah jaringan komputer, yang mana kemudian mengarah pada kelahiran internet. Selain itu, komputer generasi keempat sendiri juga sudah mulai menggunakan mouse, dan diciptakannya Graphical User Interface (GUI), dan kemajuan-kemajuan lainnya. Itu membuktikan bahwa semakin majunya teknologi, maka semakin mudah juga pekerjaan manusia. Komputer generasi keempat adalah salah satu contoh perkembangan teknologi menuju kearah yang lebih praktis dan lebih efisien untuk aktivitas manusia tentunya. Inovasi selanjutnya hasil dari perkembangan komputer generasi keempat yakni menghasilkan komputer portabel yang bisa dibawa kemana pun dan dapat dioperasikan kapan pun atau yang biasa disebut laptop.

 

Facebook | Twitter | WhatsApp | Cetak

d