paket wisata belitung

Operator Seluler Gelar Program dan Kuota Khusus untuk Dukung PJJ

Operator Seluler Gelar Program dan Kuota Khusus untuk Dukung PJJ

WRITEUPCYBER.com - Operator- operator seluler di indonesia menyatakan kesiapannya dalam mendukung program kuota internet gratis untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Program yang digalang pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan kementerian Agama (Kemenag), ini akan memberikan internet gratis sebesar 35 GB untuk siswa, 42 GB untuk guru, dan 50 GB untuk dosen dan mahasiswa.


Adapun kesiapan tersebut diwujudkan dalam bentuk optimalisasi jaringan dan penyediaan kuota internet khusus. Dalam rangka dukungan terhadap kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ), Telkomsel memberikan kuota 10 GB Rp 10 hingga Desember 2020.
Operator seluler ini juga mengklaim telah melakukan optimalisasi jaringan dengan fokus di wilayah area residensial.

Operator Seluler Gelar Program dan Kuota Khusus untuk Dukung PJJ
Optimalisasi itu dilakukan pada antenna jaringan, serta balancing dan upgrade kapasitas spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, seperti frekuensi 900, 1.800, 2.100, dan 2.300 Mhz. Selain itu, Telkomsel juga memanfaatkan teknologi 4.9G dan Massive MIMO, agar cakupan layanan broadband Telkomsel lebih maksimal dan dapat diakses kapan pun, terutama saat kondisi trafik komunikasi berbasis data yang cukup padat.


“Perubahan pola belajar mengajar yang mengedepankan proses pembelajaran jarak jauh mendorong kami menghadirkan ketersediaan akses, kapasitas, dan kualitas layanan broadband yang sesuai kebutuhan masyarakat ” ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.


Operator seluler XL Axiata juga mengatakan intens berkomunikasi dengan pemerintah termasuk dengan Kemendikbud sebagai bentuk dukungan untuk kelancaran proses PJJ selama pandemi Covid-19


"Termasuk melakukan MoU dengan Dikti untuk menyediakan paket khusus edukasi bagi pelajar dan tenaga pengajar," ujar General Manager Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih. Dukungan dari XL Axiata antara lain berupa paket internet khusus dengan kartu Axis yang memungkinkan para pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis sebesar 30GB untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling disering digunakan di PJJ.

Paket khusus ini sudah mulai dibagikan gratis bagi pelajar dan pendidik sekolah-sekolah dan kampus di Indonesia. Sementara, operator seluler Indosat Ooredoo sejak awal pandemi juga telah menghadirkan beberapa program yang masih berlangsung hingga saat ini.


"Dan masih terus mengembangkan beberapa program lainnya untuk mendukung PJJ," ujar SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk. Salah satunya adalah program peningkatan bandwidth sebesar 20 persen kepada 56 universitas, membuka akses ke lebih dari 200 universitas ternama. Indosat Ooredoo turut menjalin kerja sama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta, Kementerian Agama RI, serta Dirjen Dikti Kemendikbud dalam penyediaan layanan mobile service, dan layanan data edukasi.


Operator seluler Hutchison Tri Indonesia (3) juga memberikan dukungan PJJ lewat kuota internet gratis kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Tri Indonesia menghadirkan benefit terbaru berupa total kuota 30 GB yang diberikan di bulan pertama khusus untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen, baik pelanggan lama maupun pelanggan baru.


Kuota 30 GB ini terdiri dari kuota 10 GB yang bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi, dan kuota belajar 20GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi e-learning seperti Ruangguru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom, 24 jam selama 30 hari.


"Kami juga terus meningkatkan kualitas jaringan 4.5G Pro kami yang semakin luas dan kuat hadir di lebih dari 34.000 desa agar kegiatan belajar mengajar online bisa lebih lancar tanpa hambatan,” ujar Dolly Susanto, Chief Commercial Officer Tri Indonesia.
Untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data selama periode PJJ, Tri Indonesia juga melakukan upaya optimasi jaringan dan penambahan kapasitas yang terfokus pada daerah padat penduduk.

 

Penulis : Raka Restu

Facebook | Twitter | WhatsApp | Cetak