paket wisata belitung

Cara Menghindari Peretas Rekening Bank Lewat NO HP yang Sudah Mati

Cara Menghindari Peretas Rekening Bank Lewat NO HP yang Sudah Mati

WRITEUPCYBER.com -- Pengamat keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya menyarankan agar pengguna memutuskan koneksi nomor telepon lama ke berbagai akun aplikasi digital, khususnya perbankan untuk menghindari pembobolan rekening lewat nomor telepon yang sudah lama tak dipakai atau mati.
Nomor telepon mati disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya pengguna mengganti ke nomor baru sehingga sengaja tak mengisi pulsa hingga masa berlaku kartu SIM habis. Atau memang lupa mengisi pulsa sehingga kartu SIM hangus.

Alfons seringkali mengatakan seseorang lupa bahwa nomor tersebut ternyata terkoneksi dengan akun perbankan hingga akun e-commerce itu.

Hal ini membuat pelaku kejahatan bisa mengakses kode OTP untuk login ke akun perbankan. Kode OTP itu masuk ke SMS nomor telepon lama tersebut.
Putuskan koneksi nomor telepon yang lama ke akun perbankan
Alfons menjelaskan pembobolan ini bisa terjadi karena nomor telepon dijadikan sebagai metode otentikasi utama bagi aplikasi digital, termasuk akun perbankan hingga e-commerce.

bank security

"Sebenarnya hal ini terjadi karena sistem jaringan telepon seluler digunakan sebagai tulang punggung layanan mobile banking," kata Alfons.

Alfons mengatakan operator memang akan menghapus data-data seperti KTP dan KK yang terhubung ke nomor telepon lama apabila nomor itu mati.

Alfons menjelaskan operator tak menghapus koneksi nomor telepon lama ke berbagai layanan digital karena itu bukan kewajiban mereka.

"Memang ini menjadi kewajiban nasabah pemilik rekening di mana jika berganti nomor telepon maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan semua layanan digital yang terkait nomor teleponnya sudah dinonaktifkan dan dialihkan ke nomor baru.
Konsumen secara mandiri harus menghubungi penyedia-penyedia layanan digital untuk menghapus koneksi nomor telepon lama atau mengalihkan akun tersebut ke nomor telepon yang baru.

"Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah pengiriman SMS OTP yang akan dikirimkan ke nomor lama dan harus dialihkan ke nomor baru dengan menghubungi bank atau penerbit kartu kredit," lanjutnya.

Sebelumnya, irektur Utama PT BCA Tbk Jahja Setiaatmadja mengungkap potensi pembobolan rekening lewat nomor telepon yang sudah lama tak dipakai atau mati. Nomor telepon itu dapat digunakan sejumlah oknum untuk membuka aplikasi mobile banking yang terhubung dengan nomor tersebut.

Jahja menjelaskan pembobolan bisa dilakukan dengan mudah jika pemilik nomor telepon lama itu mengatur password mobile banking dengan huruf atau angka yang sederhana atau mudah ditebak. Ia mencontohkan seperti tanggal lahir atau angka 123.

"Banyak yang tidak sadar mengganti nomor telepon, nomor telepon lama diabaikan. Itu kejadiannya kalau dia gunakan password lalu ada yang menggunakan lagi nomor itu dan ternyata password aplikasi mobile banking mudah, itu akan kejebol," ungkap Jahja.

Penulis:Raka Restu

Facebook | Twitter | WhatsApp | Cetak